PEDOMAN
PRAKTIKUM
MATA
KULIAH FISIKA KESEHATAN

Disusun
oleh :
Sigid
Sudaryanto, SKM.MPd
UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
PROGRAM STUDI KESEHATAN
MASYARAKAT
TAHUN 2013
PENGUKURAN INTENSITAS BUNYI
1.
Tujuan
a. Agar mahasiswa dapat mengoperasikan
alat sound Level Meter sesuai prosedur praktik.
b. Mahasiswa dapat melakukan pengukuran
dan menghitung tingkat kebisingan lingkungan dan tempat kerja
c. Mengukur Kondisi meterologi terkait
dengan analisis lebih lanjut jika diperlukan
2. Prinsip Pengukuran
Pengukuran tingkat kebidingan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu :
a. Cara sederhana
Dengan sound level meter
bisa diukur tingkat tekanan bunyi dB (A) selama 10 menit untuk tiap pengukuran.
Pemcaan dilakukan setiap 5 detik.
b. Cara Langsung
Dengan seuah
integrating sound level meter yang mempunyai fasilitas pengukuran LTM5
yaitu Leq dengan waktu ukur tiap 5 detik, dilakukan pengukuran selama 10 menit.
Keterangan
- Leq : Equivalent Continous Noise Level atau Tingkat kebisingan
sinambung setara ialah nilai tingkat kebisingan dari kebisingan yang berubah –
ubah (fluktuatif) selama waktu tertentu, yang setara dengan tingkat kebisingan
dari kebisingan continue (steady)
-
LTm5
: Leq dengan waktu sampling 5 detik
-
LS : Leq selama siang hari
-
LM : Leq selama malam hari
-
LSM : Leq selama siang dan malam hari
4.
Alat
dan bahan
c. Sound Level Meter
d. Formulir B1 dan Bis 2
e. Pencatat Waktu

5. Persiapan
a.
Periksa
kondisi baterrey
b.
Kalibrasi
alat (kalau memungkinkan)
6. Cara Kerja
a.
Tentukan titik sampling yang baik, jarak
dari dinding pemantul 2 – 3 meter
b.
Letakan/pegang sound level meter pada
ketinggian 1,00 – 1,20 meter
c. Arahkan mikrofon ke sumber suara
d. Hidupkan SLM dengan menggeser tombol
swicht On/Of
e.
Setel respon F (fast) Dan filter A pada
intensitas yang kontinue atau slow pada intensitas impulsive.
f.
Geser range suara, sesuai dengan
intensitas bunyi lingkungan
g.
Catat angka yang muncul pada display
setiap 5 detik pada form Bis 1
h. Lakukan pengukuran selama 10 menit
i.
Kelompokan
hasil pengukuran dengan Formulir Bis – 2
j.
Hitung tingkat kebisingan dengan rumus
sebagai berikut
P1
L = X + ( -------------------------------- ) C
P1 + P2
Keterangan :
L : Tingkat Kebisingan
X :
Batas bawah kelas yang mengandung modus
P1 : Beda frekuensi klas
modus dengan klas dibawahnya
P2 : Beda frekuensi klas
modus dengan klas di atasnya
C : Lebar Klas
7. Menghitung Tingkat Kebisingan selama 24 Jam
Waktu
pengukuran selama 24 jam (LSM) dengan cara pada siang hari
tingkat aktifitas yang paling tinggi selama 16 jam (LS) pada selang waktu jam
06.00 – 22.00 dan aktifitas malam 8 jam (LM) pada jam 22.00 – 06.00.
Setiap pengukuran harus
dapat mewakili selang waktu tertentu dengan menetapkan paling sedikit 4 waktu
pengukuran pada siang hari dan pada waktu malam sedikitnya 3 kali pengukuran.
Sebagai contoh :
a.
L1
diambil pada jam 07.00 mewakili jam 06.00 – 09.00
b.
L2
diambil pada jam 10.00 mewakili jam 09.00 – 11.00
c.
L3 diambil pada jam 15.00 mewakili jam 14.00 –
17.00
d.
L4
diambil pada jam 20 mewakili jam 17.00 – 22.00
e.
L5
diambil pada jam 23, mewakili jam 22.00 – 24.00
f.
L6
diambil pada jam 01.00 mewakili jam 24.00 – 03.00
g.
L7
diambil pada jam 04.00 mewakili jam 03.00 – 06.00
Kebisingan Siang Hari (Ls)
sebagai berikut
Ls = 10 log 1/16 (T1. 100,1L1
+ T2 100,1.L2 +…. + T4.100,1.L4) dBA
Kebisingan Malam
LM = 10 log 1/8 (T5.
100,1L5 + T6 100,1.L6 + T7.100,1.L7) dBA
Kebisingan Siang – Malam :
LSM = 10 log 1/24 (16.
100,1LS + 8. 100,1LM)
FORMULIR BIS – 1
Lokasi : ……..
Waktu :
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. FORMULIR BIS –2
KLAS INTERVAL
|
JUMLAH
|
PROSEN
|
JUMLAH
KOMULATIF
|
PROSEN
KOMULATIF
|
30 – 34
|
|
|
|
|
35 –39
|
|
|
|
|
40 – 44
|
|
|
|
|
45 – 49
|
|
|
|
|
50 – 54
|
|
|
|
|
55 – 59
|
|
|
|
|
60 – 64
|
|
|
|
|
65 – 69
|
|
|
|
|
70 – 74
|
|
|
|
|
75 – 79
|
|
|
|
|
80 – 84
|
|
|
|
|
85 – 89
|
|
|
|
|
90 – 94
|
|
|
|
|
95 – 99
|
|
|
|
|
100 – 104
|
|
|
|
|
105 – 109
|
|
|
|
|
110 – 114
|
|
|
|
|
Contoh
Lokasi
: Perumahan X
Waktu : Jam 06.00 – 09.00 (
mewakili 3 jam)
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|
1
|
55,2
|
51,9
|
60,1
|
54,4
|
51,2
|
51,9
|
54,4
|
51,2
|
54,4
|
49,0
|
2
|
54,4
|
54,4
|
56,3
|
52,5
|
54,4
|
54,4
|
52,5
|
49,0
|
52,5
|
48,7
|
3
|
52,5
|
52,5
|
51,2
|
54,9
|
52,5
|
52,5
|
54,9
|
48,7
|
54,9
|
52,2
|
4
|
54,9
|
54,9
|
49,0
|
51,3
|
54,9
|
54,9
|
55,2
|
57,2
|
60,1
|
55,2
|
5
|
60,1
|
53,4
|
48,7
|
55,2
|
51,2
|
60,1
|
54,4
|
50,2
|
56,3
|
54,4
|
6
|
56,3
|
51,2
|
57,2
|
54,4
|
49,0
|
56,3
|
52,5
|
49,0
|
54,4
|
52,5
|
7
|
51,2
|
49,0
|
50,2
|
52,5
|
48,7
|
55,2
|
59,9
|
54,4
|
52,5
|
59,9
|
8
|
49,0
|
48,7
|
54,4
|
59,9
|
57,2
|
54,4
|
60,1
|
52,5
|
54,9
|
60,1
|
9
|
48,7
|
57,2
|
52,5
|
60,1
|
50,2
|
52,5
|
54,4
|
54,9
|
54,4
|
53.7
|
10
|
57,2
|
50,2
|
54,9
|
54,4
|
49,0
|
100,5
|
54,4
|
52,5
|
54,4
|
|
11
|
50,2
|
49,0
|
49,0
|
52,5
|
48,7
|
60,1
|
54,9
|
52,5
|
54,9
|
52,5
|
12
|
48,8
|
48,7
|
48,7
|
54,9
|
55,6
|
54,4
|
53,9
|
54,9
|
51,9
|
54,9
|
D. FORMULIR BIS –2
Lokasi : Perumahan X Waktu
: 06.00 – 09.00 (L1)
KLAS INTERVAL
|
JUMLAH
|
PROSEN
|
JUMLAH
KOMULATIF
|
PROSEN
KOMULATIF
|
30 – 34
|
|
|
|
|
35 –39
|
|
|
|
|
40 – 44
|
|
|
|
|
45 – 49
|
13
|
10,8
|
13
|
10,8
|
50 – 54
|
75
|
62,6
|
88
|
73,4
|
55 – 59
|
23
|
19,17
|
111
|
92,57
|
60 – 64
|
6
|
5
|
117
|
97,57
|
65 – 69
|
1
|
0,83
|
118
|
98,2
|
70 – 74
|
1
|
0,83
|
119
|
99,03
|
75 – 79
|
|
|
|
|
80 – 84
|
|
|
|
|
85 – 89
|
|
|
|
|
90 – 94
|
|
|
|
|
95 – 99
|
|
|
|
|
100 – 104
|
1
|
0,83
|
120
|
100
|
105 – 109
|
|
|
|
|
110 – 114
|
|
|
|
|
Hasil Pengukuran Kebisingan :
P1
L = X + ( -------------------------------- ) C
P1 + P2
75
– 13
L = 50 + ( -------------------------------- ) 5
(75 – 13) + (75 –
23)
62
L = 50 + ( -------------------------------- ) 5
62 + 52
62
L = 50 + (------- ) 5
114
L = 50 + 2,72
L = 52,72
Dengan cara yang
sama diperoleh :
L2 = 54,1 dBa (09.00 – 14.00) L5 = 51,4 dBA ( 22.00 – 24.00)
L3 = 51,5 dBA (14.00 – 17.00) L6 =
51,2 dBA (24.00 – 03.00)
L4 = 52,9 dBA (17.00 – 22.00) L7 =
52,5 dBA (03.00 – 06.00)
Maka dihitung :
LS = 10 log 1/16 (T1. 100,1L1
+ T2 100,1.L2 +…. + T4.100,1.L4) dBA
= 10 log 1/16 (3.100,1.52,72
+ 5 100,1.54,1 + 3.100,1.51,5+ T4.100,1.52,9)
= 10 Log 1/16 (3.105,272
+ 5 10.5,41 + 3.105,15+ 5.105,29)
PENGUKURAN PENCAHAYAAN
1.TUJUAN
a.
Mahasiswa dapat mengoperasionalkan alat pengukur
pencahayaan
b.
Mahasiswa dapat melakukan pengukuran pencahayaan suatu
ruang
c.
Mahasiswa dapat
menghitung tingkat pencahayaan
2.
PRINSIP PENGUKURAN
Penerangan suatu ruangan merupakan banyaknya cahaya yang
jatuh pada ruang tersebut, ukuran yang dipergunakan untuk menyatakan kuatnya
pencahyaan dipergunakan satuan Lux atau footcandel. Pengukuran pencahayaan suatu ruangan dapat
dilakukan dengan 2 (dua) metode yaitu
a.
Pengukuran Pencahayaan Lokal
Pengukuran yang dilakukan dengan mengambil sample pada
titik tertentu y minimal 5 titik pada susut dan tengah – tengah ruangan.
b.
Pengukuran Pencahyaan Umum
Pengukuran pencahayaan yang dilakukan pada setiap 1
meter persegi ruangan
3. ALAT DAN BAHAN
- Lux meter

4. PERSIAPAN
- Check baterrey
- Kalibrasi alat
a.
Tentukan
titik pengambilan sample, jarak dari dinding pemantul minimal 1 meter
b.
Letakkan/pegang
alat dengan ketinggian 1 – 1,2 meter
c.
Arahkan receptor pada sumber cahaya
d.
Hidupkan dengan menggeser tombol On/Of
e.
Atur range sesuai dengan kuat cahaya
f.
Catat angka yang muncul pada display
g.
Ulangi 3 kali pada setiap titik.
X Rata-rata = ( Xa + Xb + Xc + ……… + Xn)/N
Keterangan :
X Rata-rata
= Tingkat Pencahayaan rata – rata
A,b,c,n = titik – pengukuran
N = Jumlah Titik
PENGUKURAN
PENCAYAHAAN LOKAL
![]() |
PENGUKURAN PENCAHAYAAN UMUM
![]() |
E.
PENGUKURAN SUHU DAN KELEMBABAN
1.
TUJUAN
a.
Mahasiswa
dapat menggunakan/ mengoperasionalkan
alat
b.
Mahasiswa dapat melakukan pengukuran suhu dan kelembaban.
c.
Mahasiswa dapat menetukan criteria suhu dan kelembaban
ruang berdasar persyaratan
2.
DASAR
TEORI
Suhu dan kelembaban suatu
ruangan sangat mempengaruhi kenyamanan, suhu ruangan menunjukkan tingginya
derajat panas udara ruang. Sedangkan kelembaban relatif adalah banyaknya uap
air dalam suatu ruang.
3.
ALAT
DAN BAHAN
a.
Thermohigrometer
b.
Psicrometer
c.
Alat
tulis
4.
PERSIAPAN
Sebelum
dipergunakan lakukan kalibrasi alat secara sederhana yaitu masukkan
thermohigrometer ke lemari es kurang lebih 10 menit, maka suhu mendekati 0o
C dan kelembaban mendekati 100%
5.
CARA
KERJA
5.1. Termohigrometer
a.
Gantungkan
alat di tengah ruang
b.
Biarkan
sekitar 10 – 15 menit
c.
Catat suhu dan kelembaban yang tertera pada thermohigro
meter
d.
Ulangi
2 – 3 kali


5.2. Psicrometer
- Basahi ujung benang pada salah satu termometer
- Putar psicrometer hingga benang menjadi basah uap (selama 15 menit)
- Baca suhu pada termometer basah dan kering
- Tambahkan suhu basah dan kering kemudian dibagi 2, sebagai suhu ruang.
- Cocokan dengan grafik suhu - kelembaban
6. CARA MEMBACA GRAFIK
a.
Hitung/konversikan
suhu dari thermometer ( Celcius) menjadi suhu Fahrenheit (pada grafik)
b.
Suhu kering ditunjukan pada garis mendatar, cari angka
dan tarik ke atas.
c.
Suhu
basah pada garis lengkung, tarik mendatar.
d.
Perpotongan
antara suhu basah dan kering merupakan kelembaban
e.
Ikuti garis melengkung sehingga diketahui kelembaban.
Contoh
Dalam melakukan pengukuran suhu dan
kelembaban suatu ruang dengan menggunakan psicrometer diperoleh yaitu suhu
kering 25 o celcius dan suhu basah 22,5 o celcius,
hitunglah
a. Suhu ruangan
b. kelembaban ruang tersebut
Jawab :
a.
Suhu ruang = (Suhu basah + Suhu Kering )/2
= (22,5 + 25)/2
= 23,75 o C
b.
Kelembaban
:
1.
Suhu
Basah (22,5 o celcius)
= ( 9/5 x 22,5 o) + 32
= ( 40,5 + 32 ) o F
= 72,5 o F
2.
Suhu
Kering (25 o celcius)
= ( 9/5 x 25 ) + 32
= ( 45 + 32 ) o F
= 77 o F
3.
Kelembaban
:
Titik potong garis suhu
kering dan suhu basah yaitu pada garis lengkung adalah %.
PETTUNJUK PENYUSUNAN
LAPORAN PRAKTIK
BAB I : Pendahuluan
A. Latar
Belakang
Uraikan tentang bunyi dan kebisingan di
lokasipengukuran dan perlunya dilakukan pengukuran
B.
Tujuan Praktik : Uraikan untuk apa saudara
mmelakukan pengukuran
BAB II : Tinjauan Teori
A.
Pengertian bunyi dan kebisingan
B.
Jenis – jenis Bunyi
C.
Hubungan Bunyi dengan kesehatan
D.
Dampak Kebisingan
BAB III Prosedur Pengukuran
A.
Alat dan bahan
B.
Langkah Kerja
BAB IV : Hasil Pengukuran dan
Pembahasan
A.
Hitung berapa tingkt kebisingan
B.
Lakukan pembahasan dengan membandingkan hasil
pengukuran dengan standar yang ditetapkan.
BAB V : KESIMPULAN
Berikan
rekomendasi apakah tingkatt kebisingan lingkungan memenuhi syarat
Catatan :
Untuk pengukuran yang lain urutan laporan sama dengan kebisingan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar